MENGECEK LEGALITAS TANAH SEBELUM BERINVESTASI | BEGINI CARANYA

MENGECEK LEGALITAS TANAH BERIKUT CARANYA

Mengecek Legalitas Tanah
Uang sudah ada di tangan. Tanah kosong sudah ada di depan mata. Apakah langsung anda bayar buat investasi tanah tanpa mengecek legalitas tanah??? Eitt tunggu dulu, jangan buru-buru!!! Meski tanah sudah tersedia dan duit bukanlah masalah, tidak membuat anda gegabah dengan asal bayar saja untuk membeli dan menginvestasikan dana anda ke sektor bisnis properti seperti tanah atau bangunan.

KESALAHAN UTAMA | Kurang Teliti
Kurangnya ketelitian dalam cross cek legalitas tanah menjadi faktor utama kesalahan yang dibuat para investor ketika akan menanam modalnya di sektor properti, selain itu banyak faktor yang mempengaruhi baik-buruk jalannya roda bisnis investasi properti, salah satunya status tanah dan bangunan.

MUDAH TERGIUR INVESTASI | Kesalahan Fatal
Berinvestasi didunia properti memang menggiurkan. Tapi jangan mudah tergiur, tetap harus berhati-hati untuk terjun ke dunia bisnis investasi ini karena bisa-bisa berujung malapetaka. Salah satu hal yang perlu disoroti diantaranya legalitas tanah properti tersebut. Lakukan dengan teliti, karena ini adalah langkah awal yang menentukan.

Beli rumah misalnya, periksa apakah surat-surat yang ditawarkan ada Sertifikat Hak Miliknya (SHM) atau hanya ada Akta Jual Beli (AJB), cek keasliannya. Cara ini juga berlaku untuk investasi tanah, kita mesti tahu cara mengecek legalitas tanah tersebut sebelum melakukan transaksi pembayaran.

SOLUSI JITU | Cara Mengecek Legalitas Tanah
Lihat harga tanah yang dijual murah jangan langsung tergiur, pastikan kalau tanah itu bebas sengketa.


Untuk cek legalitas tanah, berikut ini 3 langkah yang bisa diambil :
  • Tinjau Langsung Lokasi Tanah
Pertama, cek lokasi tanah yang tertera di alamat pada sertifikat dan pastikan lokasinya sama dengan yang ditawarkan. Misalnya di sertifikat tertulis alamat tanah ada di Jalan Raya Citayam Parung Kp. Bambon Tugu Macan, tapi ternyata di lapangan alamatnya ada di Jalan Kelapa Dua Kp. Bambon.

Ini bisa jadi masalah nantinya, mungkin saja tanah itu sedang proses digugat oleh pihak lain. Jadi, anda yang tadinya berniat investasi malah pusing menghabiskan waktu mengurus gugatan di pengadilan. Kalau data di sertifikat dan lokasi tanah dilapangan sudah sama, masalah legalitas tanah hampir dipastikan selesai.
Tapi langkah kedua berikut ini juga tidak bisa diabaikan, apalagi ditinggalkan.
  • Cek Keabsahan Surat Ke BPN
Agar terhindar dari penipuan sertifikat palsu atau sertifikat dobel, bawa dokumen sertifikat itu ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, untuk menelusuri riwayat tanah atau bangunan. Kita bisa langsung membawa sendiri sertifikat itu ke sana untuk diurus, melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), atau Kantor Notaris PPAT untuk mengurusnya.
Syarat untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah di BPN antara lain :
  1. Sertifikat Asli
  2. Formulir Pengecekan Sertifikat (tersedia di kantor BPN)
  3. Fotokopi KTP Pemilik Sertifikat
  4. Surat Kuasa, jika yang mengurusi masalah ini adalah pejabat/notaris PPAT

Kalau langkah-langkah diatas sudah beres, anda cukup untuk bernapas lebih lega. Sebab, jika sertifikat terbukti terdaftar di BPN, legalitasnya sudah bisa dijamin.
Pengecekan sertifikat di BPN biasanya maksimal 1 hari di jam kerja, anda bisa tunggu prosesnya. Untuk biayanya tanyakan saja langsung ke BPN, biasanya dikantor BPN tidak disediakan mesin EDC atau mesin gesek untuk kartu ATM/Kartu Kredit seperti di minimarket, maka sediakan saja uang tunai seperlunya.
  • Periksa Fisik
Pernah mengurus perpanjangan pajak STNK kendaraan??? Salah satu persyaratan utama adalah cek fisik kendaraan. Ini juga berlaku saat mengecek sertifikat tanah. Sebab, bisa saja terjadi sertifikat ganda atas tanah tersebut.

Dalam soal ukuran tanah misalnya, kita mesti mengecek luas tanah itu secara langsung, pastikan luas tanah yang kita ukur sama dengan yang ada di denah surat ukur pada sertifikat. Surat tersebut juga mencantumkan informasi koordinat letak lokasi tanah.

Cek Legalitas
CROOS CHECK DATA | Sinkronasi Data Sertifikat
Pakai smartphone, gunakan aplikasi Google Maps. Lalu disana akan terdeteksi posisi koordinat tempat kita berdiri, cocokan dengan data letak koordinat yang ada di sertifikat, pastikan datanya sama persis. Kalau pun berbeda, paling selisih sedikit saja letak koordinatnya.

PERIKSA LAGI | Periksa Lebih Teliti
Pastikan kalau sertifikat itu asli dan dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ini adalah langkah terakhir yang wajib dilakukan sebelum anda memutuskan langkah berinvestasi dibidang bisnis properti atau tanah.
Menjadi investor sukses memang membutuhkan upaya lebih besar dan pengetahuan lebih soal seluk beluk persoalan legalitas.

ZG Property sebagai developer atau pengembang perumahan-perumahan cluster terbaik dan terpercaya, selalu mengutamakan pelayanan keamanan dan kenyamanan para konsumen. Maka dari itu, mengecek legalitas tanah adalah langkah utama sebelum melakukan pembangunan pada semua proyek-proyek cluster berkualitas.

Dengan dasar hubungan baik antara developer sebagai pihak pengembang dan kantor desa setempat sebagai sumber terpercaya seperti Lurah/Kepala Desa, RW, RT dan Dusun setempat. Bisa menjadi pegangan konsumen untuk mencari informasi akurat soal legalitas tanah pada sebuah proyek perumahan.


UNTUK INFO LEBIH LANJUT SOAL LEGALITAS TANAH PADA CLUSTER ZG PROPERTY
SEGERA HUBUNGI
HOTLINE ZG PROPERTY (24 JAM)
0811949997

DAFTAR VIA PROMO
DAFTAR VIA PROMO

0 komentar