Tips Desain Rumah Minimalis

TIPS DESAIN RUMAH MINIMALIS GAYA EROPA

Tips Desain Rumah
Rumah Eropa Minimalis Oleh ZG Property
Tips Desain Rumah Minimalis Gaya Eropa berikut ini akan membantu anda untuk bisa memiliki rumah dengan desain minimalis gaya eropa kekinian namun tetap nyaman untuk ditempati. 

Rumah minimalis dengan gaya eropa merupakan suatu gaya desain yang sedang naik daun di Indonesia, bagian dari gaya arsitektur muda modern ini disukai karena simple. Namun semua gaya rumah, baik itu eropa minimalis, modern, modern minimalis, klasik maupun tradisional tentunya memiliki kekurangan di beberapa aspek. Tidak semua desain rumah minimalis berhasil dan memikat mata semua orang, banyak yang justru menjadi aneh atau malah tidak nyaman untuk ditempati.

Oleh karena itu sebaiknya pahami dulu semua hal mengenai kelebihan dan kekurangan semua tips desain rumah, baik itu eropa minimalis, modern, modern minimalis, klasik maupun tradisional.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Minimalis (nantikan ulasannya)

Dibawah ini beberapa tips desain rumah untuk gaya eropa minimalis, dari beberapa poin yang ada, anda dapat terapkan pada rancangan rumah anda nantinya. Namun barangkali tidak semua poin dapat diterapkan pada rumah yang akan anda buat, bergantung pada kondisi dan situasi :

01. Utamakan Fungsi Ruangan Daripada Bentuk
Rumah minimalis pada umumnya adalah rumah dengan desain arsitektur modern dengan bentuknya yang simple namun tetap mengutamakan fungsi-fungsi ruangan di dalamnya. Rumah minimalis sangat fokus dengan fungsi, sehingga hampir semua bagian rumah mempunyai peran dan fungsinya.

Ruang Tamu Luas
Para pemilik rumah minimalis malah sering menggunakan satu ruang yang berfungsi banyak sehingga mereka tidak perlu menyediakan banyak ruangan dalam sebuah rumah. Beberapa fungsi bahkan digabung dalam satu ruangan yang tidak terpisah oleh dinding sehingga akan membuat suasana lebih lapang, luas dan lega.

Tips desain rumah minimalis misalnya adalah ruang keluarga yang dibuat memanjang, kemudian menyatu dengan ruang makan dan dapur, ketiga ruang ini mungkin hanya dipisahkan oleh partisi simpel dan warna-warni dari furniture atau dinding saja.

02. Sirkulasi Rumah Efektif Dan Cepat
Hal lain yang berkaitan dengan efektivitas ruang dalam rumah minimalis adalah sirkulasi. Dalam rumah minimalis harus memberikan sirkulasi cepat menuju ke ruangan tertentu. Langkah baiknya, rumah minimalis tidak baik menyediakan lorong sebagai area yang rumit sehingga mengganggu jalannya sirkulasi.

Oleh karena itu, biasanya alur sirkulasi rumah minimalis mulai dari teras depan hingga masuk menuju ruang tamu yang terkadang digabung dengan ruang keluarga dan ruang makan sebagai sebuah ruangan besar, dari sini kemudian ada akses menuju ke kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja dan sebagainya.

Contoh Sirkulasi Pada Sebuah Ruangan
03. Bentuk Yang Rapi Dan Bersih
Umumnya Rumah minimalis menghindari penggunaan bentuk yang rumit dan berliku. Rumah minimalis kebanyakan memiliki fasad yang rapi, bersih, dan senada. Pertemuan bidang horizontal dan bidang vertikal ruangan biasanya dirapikan dengan menggunakan garis atau tali air.

Jika dilihat secara denah, maka ruangan umumnya akan dibuat dengan bentuk kotak sempurna serta dengan garis tepi bangunan yang lurus, jarang ada tips desain rumah minimalis untuk denah rumah minimalis yang memiliki bentuk lengkung atau tonjolan jika tidak ada fungsi ruang di dalamnya.

Gambar pertemuan pintu dan tembok yang dirapikan dengan tali air
Rumah minimalis jika dilihat pada dinding-dindingnya berbentuk lurus vertikal, jarang sekali ada bentuk lengkung atau miring. Yang miring biasanya adalah atap, karena sesuai dengan daerah tropis, namun banyak juga yang memilih atap datar untuk menghasilkan bentuk bangunan yang kotak sempurna.

04. Blok Bidang Fasad
Fasad atau muka depan rumah minimalis umumnya tidak menggunakan dekorasi berupa ukiran atau bentuk-bentuk yang mengacu pada benda-benda tertentu atau relief. Tips desain rumah minimalis lebih cenderung menggunakan material yang diblok pada dinding.

Tips Desain Rumah
ZG1 Property Exclusive
Misalnya dinding depan yang diblok dengan batu alam atau cat putih saja. Semua dekorasinya menggunakan bidang geometri yang simple dengan garis tegas dan itupun jarang diterapkan agar menghasilkan fasad yang bersih.

05. Gunakan Warna Terang Dan Senada
Pilihan warna-warni rumah minimalis biasanya adalah putih, krem dengan sedikit aksen. Warna putih dipilih karena memberikan unsur terang dan bersih pada bangunan maupun interior. Aksen yang digunakan biasanya adalah warna abu muda, hijau yang memberikan kesan sejuk, warna natural dari kayu atau batu alam. Rumah minimalis jarang menggunakan warna-warna kontras pada setiap penampilannya.

06. Bukaan Jendela Yang Besar Dan Lampu Yang Terang
Rumah minimalis identik dengan rumah putih yang luas, besar dan terang. Karena itu rumah minimalis harus memiliki pencahayaan alami maupun buatan yang cukup untuk membuatnya tampak elegan dan luas. Rumah minimalis juga umumnya menggunakan jendela yang besar dan kaca frameless.

Sementara untuk lampu biasanya menggunakan lampu putih alami. Bila menggunakan lampu di ceiling biasanya menggunakan rumah lampu yang masuk ke dalam ceiling. Rumah minimalis juga bisa menggunakan lampu gantung hias.

Modifikasi Pencahayaan Pada Plafon
07. Furniture Rumah Minimalis
Meletakan furniture di rumah minimalis juga tidak boleh sembarangan. Bentuk-bentuk furniture juga harus menyesuaikan yaitu furniture yang minimalis atau modern. Penggunaan sofa dan kabinet hendaknya memiliki warna yang senada dengan tembok atau lantai sehingga tidak merusak nuansa rumah.

Contoh Furniture Untuk Rumah Minimalis
08. Dekorasi Yang Simpel Untuk Rumah Minimalis
Karena bentuk rumah yang simple dan bersih, maka menaruh dekorasi apapun pasti akan terlihat menonjol. Seperti setitik noda pada baju putih. Oleh karena itu, sejatinya kita bisa memberikan kontras dengan beberapa dekorasi yang diletakan dengan jarak tertentu. Namun untuk mereka yang ingin rumahnya benar-benar minimalis, sebaiknya menggunakan lebih sedikit dekorasi atau tidak menggunakan dekorasi sama sekali sehingga keindahan timbul karena ruang itu sendiri.

Tips Desain Rumah
Sedikit Dekorasi Taman Dengan Pot Yang Senada Dengan Warna Dinding
Di luar ruangan, rumah minimalis sangat cocok dihiasi dengan taman bergaya zen atau taman yang rapi dan bersih. Tanaman yang seragam dengan warna dinding atau aksesoris rumah yang rapi akan mendukung tampilan rumah, jangan menggunakan tanaman rambat atau semak belukar. Gunakan tanaman dengan pot untuk menyederhanakan taman.

ZG Property selalu mengutamakan kenyaman para konsumen yang akan menghuni pada produk-produk persembahan ZG Property cluster. Maka dari itu, untuk design standar layout kami berikan secara GRATIS untuk setiap pembelian unit ZG Property Cluster.

Untuk info lebih lanjut, segera menghubungi nomer dibawah ini. Dan dapatkan PROMO MENARIK sampai dengan akhir tahun.

HOTLINE 24 JAM
0811949997


DAFTAR VIA PROMO
DAFTAR VIA PROMO

0 komentar