Tips Membangun Dua Lantai Rumah Type 36

MEMBANGUN DUA LANTAI RUMAH TYPE 36 MINIMALIS

Tips Membangun Dua Lantai Rumah Type 36
Layout Awal Satu Lantai
Rumah Type 36 Minimalis | Rumah merupakan sebuah hunian, tempat tinggal atau kediaman yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Hal ini sangat lumrah, karena salah satu bentuk kebahagiaan seseorang ialah apabila kebutuhan utama akan tempat tinggal terpenuhi selain kebutuhan sandang, pangan, papannya mesti tercukupi.

Namun, berbagai kendala membangun rumah menjadi alasan tersendiri bagi sebagian orang. Dimulai dari harga lahan yang terus melambung tinggi, hingga bahan baku (material) yang terus beranjak naik. Oleh sebab itu, berbagai inovasi telah dikembangkan oleh para arsitektur muda dewasa ini. Salah satu bentuk desain membangun dua lantai rumah type 36 yang digandrungi ialah contoh rumah minimalis type 36.

Pangsa pasar type ini kebanyakan ialah kaum menengah kebawah. Meskipun ukurannya terbilang kecil dan terkesan nampak sederhana. Akan tetapi terdapat sisi elegan dan mewah dari gaya dan bentuknya. Hal yang paling mencolok ialah balutan warna yang terkesan ceria. Prinsipnya, contoh membangun dua lantai rumah type 36 ini membuat setiap celah dari ruangan dimaksimalkan dengan berbagai macam variasi.
Tips Membangun Dua Lantai Rumah Type 36
Desain Pengembangan Layout Rumah Type 36
Variasi tersebut meliputi penataan items dan juga penggunaan kamar, gudang, lantai tersembunyi, hingga toilet di bawah tangga. Pemanfaatan ruang ini secara tidak langsung menjadi solusi terbaik dimasa-masa ini. Untuk wilayah area perkotaan, membangun dua lantai rumah type 36 dari tampak luar biasanya terbagi menjadi dua bagian. Pertama adalah jalan masuk setapak menuju pintu utama dan garasi untuk parkir kendaraan. 

Setidaknya, jumlah ukuran yang ideal dari area perkotaan ini didominasi antara 6 x 8 m hingga 10 x 10 m. Umumnya, interior rumah minimalis type 36 ini memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, beserta dapur, dan ruang tamu. Pembagian ruangan-ruangan tersebut menjadi kelebihan tersendiri, mengingat keterbatasan lahan yang sangat signifikan.

Setidaknya, terdapat tiga kunci utama yang patut diperhatikan :
(1) penggabungan ruangan dengan sekat
(2) penggunaan cat interior sebagai pengalihan optic manusia, dan 
(3) pemilihan items secara selektif.

Penggabungan ruang pada contoh membangun dua lantai rumah type 36 ini meliputi bagian :
(1) dapur dan ruang makan, dan
(2) ruang tamu dan keluarga dengan metode semi permanen.
Tips Membangun Dua Lantai Rumah Type 36
Contoh Sekat Kayu
Untuk membuat simpel ruangan membangun dua lantai rumah type 36, kita dapat mengawalinya dengan pembuatan denah dari pintu utama dengan pembagian dua kubu, yakni sebelah kiri dan kanan. Sebelah kiri ialah posisi dari dua kamar, sedangkan posisi kanan ialah ruang keluarga dan ruang tamu yang menjadi satu.

Akan tetapi, kita bisa mengakalinya dengan menaruh lemari atau pembatas yang terbuat dari rotan (gebyok). Sehingga, privasi antara tamu dan keluarga kita tidak akan saling berbenturan karena suara yang berisik. Pada posisi ini, kita akan memiliki celah untuk menempatkan dapur dan ruang makan. Dapur rumah minimalis dapat dibuat hanya dengan ukuran 1 x 3 m.

PEMBATAS ANTAR RUANGAN DENGAN FURNITURE
Berikut ini beberapa tips memilih furniture sekat pembatas ruangan minimalis. Desain rumah dengan konsep minimalis memang menjadi pilihan banyak orang saat ini terutama bagi yang tinggal didaerah perkotaan besar yang berkembang. Rumah dengan desain berkonsep minimalis memang merupakan konsep hunian simple dan fungsionalis. Sehingga meskipun memiliki ukuran dan desain yang kecil dan mungil, namun tetap dapat nyaman untuk anda tempati.

Hal ini tentunya didukung pula dengan penataan interior rumah yang tepat agar rumah mungil anda tetap terlihat rapi, nyaman, dan cantik. Untuk menyiasatinya solusi terbaik adalah anda dapat menggunakan salah satu solusi yang cukup efektif untuk menangani ruangan di rumah anda yang sempit yaitu dengan cara menyatukan antar ruangan dan memberikan partisi atau sekat pembatas.

Tips Membangun Dua Lantai Rumah Type 36
Contoh Sekat Variasi
Untuk memberikan partisi dengan furniture sekat pembatas sebenarnya tidak ada standar yang digunakan untuk menentukan apakah sekat tersebut cocok dengan rumah anda. Sekat atau pembatas ruangan biasanya memiliki banyak jenis, model, bentuk dan bahan yang digunakan misalnya saja dari kain, kayu, kaca, rotan, plastic dan masih banyak lainnya.

Jika melihat dari fungsinya, fungsi furniture sekat minimalis adalah untuk menjadi pemisah antara ruangan yang ada sehingga setiap ruangan dapat memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri. Selain itu, tentunya dengan adanya sekat ini akan membuat anda merasa lebih nyaman. Kenapa bisa begitu? Tentu saja , misalnya saja ruang tamu dan ruang makan anda menjadi satu area, tentunya dengan tidak adanya sekat akan membuat tamu yang berkunjung merasa tidak nyaman dan tentunya hal tersebut tidaklah sopan.

Pembatas sekat ruangan juga biasanya diletakkan pada ruangan keluarga dengan ruang tamu. Biasanya pilihan model sekat pembatas ruangan yang tepat adalah yang sifatnya non permanen agar dapat dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.
Dibawah ini contoh sekat ruangan dengan model Jepang.
Tips Membangun Dua Lantai Rumah Type 36
Sekat Ala Jepang
Pada dapur, bagian pemotong, penanak nasi, alas kompor, dan dash wash kita buat sejajar sekitar 20 cm atau setinggi pinggang orang dewasa. Kemudian, bagian bawah kita manfaat untuk menaruh berbagai jenis alat memasak. Selain efisien, bentuk ini juga memangkas tempat dan menjadikan kita mudah menjangkau barang-barang tertentu.

Bagian kedua dari bentuk dapur rumah minimalis type 36 ialah bagian atas. Kita dapat menaruh long cupboard yang berisi barang pecah belah. Untuk mempercantik dapur minimalis ini, kita dapat menggunakan kitchen set yang ringkas dan mampu mengepak semua bahan dapur seperti pisau, tempat bumbu, dan lain-lain.

Di fase ini, kita mendapatkan satu ruangan yang penuh dengan pembagian. Bagian ini dapat di akhiri dengan pintu sebagai keamanan. Selanjutnya, bagian terakhir ialah kamar mandi. Pada bagian kamar mandi, kita dapat menaruh ruangannya dibagian belakang atau dibalik dapur. Sedangkan disisi kanan, kita dapat memanfaatkannya sebagai ruang untuk mesin cuci, lemari es, dan tempat sepatu.

Dari contoh membangun dua lantai rumah type 36 ini hanya terbagi menjadi dua interior besar, yakni ruang utama dan ruang belakang. Desain type rumah 36 dengan dua lantai ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan desain sebelumnya. Hanya saja, denah rumah ini mempunyai ruangan yang lebih luas, seperti penambahan satu kamar tidur, gudang, dan beberapa ruangan yang tidak perlu dipisah.

Katakanlah kita hanya menggunakan patokan contoh satu lantai rumah minimalis diatas, maka kita hanya tinggal menambahkan ruangan di lantai dua. Kita dapat mengaplikasikanya seperti lantai satu yang harus berisikan dua sisi kiri dan kanan. Khusus untuk lantai dua, kita dapat memanfaatkannya sebagai ruang utama seperti tempat tidur, dan ruang bersantai atau yang lain. 

Dengan demikian, kita dapat membedakan ruang tamu dan ruang keluarga dilantai satu. sekaligus memberikan ruangan yang lebih besar antara dapur dan ruang makan. Sebagaimana yang telah tersebut sebelumnya, pada ruangan minimalis menggunakan warna cat yang ceria, seperti warna terang kuning, biru, ungu, dan beberapa gradasinya.

Selain membuat ruangan nampak lebar, kita juga dapat menghemat daya listrik. Pasalnya, cahaya dari lampu akan dibiaskan oleh warna terang tersebut ke sudut ruangan. Memilih cat merupakan bagian terpenting dalam merenovasi rumah, membangun dua lantai rumah type 36 dengan perpaduan warna yang dinamis mampu menciptakan karakter tersendiri yang mencerminkan kepribadian pemilik rumah.

Tidak hanya itu, kebutuhan rumah minimalis bertype 36 satu lantai ini menghemat daya lampu karena beberapa ruangan yang dijadikan satu kesatuan. Terakhir ialah pemilihan barang-barang selektif. Hal ini sangat mutrlak dilakukan karena ruangan yang sempit tidak memungkinkan kita menaruh seluruh barang yang besar untuk masuk.

Salah satu cara yang dapat digunakan ialah mengunakan jenis efficient furniture. Salah satu contoh dari type produk ini ialah kamar tidur anak bertingkat, atau kamar tidur beserta meja belajar. Produk-produk dwi-fungsi atau multi-fungsi ini merupakan pilihan terwajib dimiliki untuk contoh rumah minimalis type 36.

DAFTAR VIA PROMO
DAFTAR VIA PROMO

0 komentar