Tips Rumah Bagi Pengantin Baru

MENCARI RUMAH YANG PAS UNTUK PENGANTIN BARU

Memiliki rumah baru biasanya menjadi salah satu impian bagi pasangan yang baru menikah. Dan, mungkin itu juga yang menjadi impian kamu dan pasanganmu. Eit, sebelum beli rumah baru, ada sedikit tips membeli rumah untuk pengantin baru nih yang kamu perlu tahu. Apa ya?

Membeli rumah, sebenarnya ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu dengan membeli langsung secara cash/tunai atau juga bisa melalui cicilan/kredit lewat KPR Bank. Jika kamu dan pasangan berencana untuk membeli rumah, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa poin penting yang biasanya menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pembeli rumah.

Yang terutama sebelum membeli rumah baru, cermati dengan benar-benar riwayat dari pengembang (developer) perumahan yang hendak kamu beli. Jangan hanya tergoda dengan berbagai promo / diskon harga murah, tetapi kualitas pelayanan tidak bagus. Selain dari itu, ada kurang lebih 6 tips membeli rumah untuk pasangan baru/pengantin baru yang juga perlu diperhatikan, seperti :
  • 1. Cermati kondisi rumah luar dan dalam

Tips pertama untuk membeli rumah bagi pengantin baru adalah cermati dengan teliti baik kondisi rumah, dari luar dan dalam. Jika kamu memilih karena ketertarikan dengan kondisi tampak luar dari rumah yang hendak dibeli, sebaiknya tidak langsung membelinya.

Cek dengan baik juga kondisi dalam rumah tersebut. Yang perlu dicek dengan teliti adalah kondisi & spesifikasi material bahan bangunan, kondisi atas atap & dinding rumah, dan yang terpenting kelengkapan surat-suratnya. Jika perlu, saat melakukan survei, ajaklah orang yang benar-benar memahami tentang bangunan dari berbagai aspeknya.

  • 2. Mencermati dengan baik lingkungan sekitar rumah

Dalam melakukan survei pembelian rumah, juga pastikan dengan cermat bagaimana kondisi sekitar rumah yang hendak kamu beli tersebut. Contohnya, apakah lingkungan rumah aman, terbebas dari banjir, ataupun kemacetan. Untuk mengetahui dengan baik kondisi lingkungan sekitar rumah, sebaiknya tanyakan kepada warga yang berada di sekitar rumah baru yang hendak dibeli.
  • 3. Membayar cicilan rumah, sesuaikan dengan anggaran

Seringkali, banyak pasangan muda yang baru menikah terburu bernafsu dalam membeli rumah baru, khususnya bagi yang mencicil KPR.

Banyak pasangan yang tidak memperhitungkan dengan baik anggaran finansial rumah tangganya terlebih dahulu, apakah cicilan rumahnya nanti tidak akan mengganggu kebutuhan dasar lainnya. Tetap utamakan dan prioritaskan kebutuhan-kebutuhan pokok utama anggaran rumah tangga kamu, sebelum menambahkan biaya cicilan KPR tersebut.

  • 4. Sesuaikan tenor cicilan dengan anggaran

Jika anda tertarik melakukan pembelian dengan cara mencicil dalam membeli rumah, ada banyak pilihan durasi tenor (masa cicilan) yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan rumah tangga. Jika kamu menginginkan tenor yang singkat, maka perlu diingat bahwa cicilan setiap bulannya akan jauh lebih besar. Pendapatan total rumah tanggamu pun harus besar agar bisa mengcover biaya cicilan tersebut.

Jika pendapatan rumah tangga pas-pasan, akan jauh lebih bijak jika memilih tenor yang lebih lama. Tentu saja, juga dipikirkan bahwa tenor yang lama juga akan mempengaruhi pengalokasian dana rumah tanggamu cukup lama.
  • 5. Jangan lupakan biaya ekstra dalam pembelian rumah

Ini juga yang seringkali terlupakan oleh banyak konsumen ketika hendak membeli sebuah rumah baru. Hal yang Biasanya dianggap sepele, biaya-biaya ekstra yang juga perlu dipersiapkan.

Biasanya, biaya ekstra pembelian rumah seperti biaya notaris, materai, biaya aplikasi, pajak properti, biaya administrasi, dan masih banyak biaya-biaya ekstra lainnya. Biaya ekstra ini juga harus masuk ke dalam rencana anggaran pembelian rumah baru kamu, agar tidak mengganggu saat berjalannya pembelian rumah.

  • 6. Ajukan untuk mengikuti asuransi

Banyak pasangan muda-mudi yang membeli rumah terkadang mengabaikan fasilitas asuransi rumah dalam pembelian rumahnya. Padahal, manfaat dari asuransi ini sangatlah besar untuk menjaga dari kondisi yang tidak diinginkan, seperti bencana kebakaran, bencana alam, dll.

Dengan keikutsertaan dalam asuransi pembelian rumah baru, maka kamu akan jauh lebih tenang dan nyaman dengan rumah baru tersebut. Masih banyak lagi tips membeli rumah untuk pengantin baru yang juga perlu kamu ketahui. Diantaranya sekian banyak penjelasan yang dijelaskan dalam disini, yang terpenting, kamu dan pasanganmu dapat menikmati indahnya rumah tangga di rumah barumu dengan nyaman, tenang, dan damai.

0 komentar