Usut Sindikat Mafia Perumahan Syariah

POLDA METRO JAYA UNGKAP INVESTASI BODONG

Usut Sindikat Mafia Perumahan Syariah
Polda Metro Usut Sindikat Mafia Perumahan Syariah
TOP NEWS AKHIR TAHUN
Hari ini Polda Metro Jaya berhasil mengungkap tindak pidana kejahatan penipuan investasi bodong dengan berkedok KPR perumahan syariah. Investasi bodong yang telah merugikan sebanyak 270 konsumen (berdasarkan data unit rumah yang sudah laku terjual) dengan total kerugian 23 Miliar Rupiah ini sudah berjalan lebih dari 5 tahun.

Salah satu korbannya ada yang dari tahun 2015 dengan total kerugian 190 Juta Rupiah dengan rincian 130 Juta untuk DP dan 6 Juta Rupiah sebanyak 10x untuk cicilannya, sebelum akhirnya dirinya memutuskan berhenti membayar karena ada ketidak beresan dalam progress pembangunan yang selalu ditunda-tunda.
Usut Sindikat Mafia Perumahan Syariah
Usut Sindikat Mafia Perumahan Syariah Barang Bukti
TERGIUR IMING-IMING
Tindak pidana terkait undang-undang tentang perumahan dan kawasan permukiman atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) diatas menurut beberapa korban yang berhasil di wawancari, kebanyakan korbannya itu tergiur karena kemudahan fasilitas  KPR yang ditawarkan, diantaranya :
  • Syarat Mudah
  • Cukup Foto Copy KTP Langsung Dapat Rumah
  • Tanpa DP
  • Tanpa BI Checking
  • Tanpa Riba
  • Tanpa Sita, dll

Banyak konsumen ditanah air yang menghindari riba dalam urusan kredit rumah KPR syariah. Menurut Ibu Ayu (salah satu korban) dirinya tertarik untuk berinvestasi di perumahan KPR syariah karena menghindari riba, namun diakuinya bahwa dirinya sedikit lalai sebagai konsumen. Dia mengingatkan, sebagai pembeli harusnya memang perlu lebih teliti sebelum berinvestasi agar supaya tidak ada lagi korban-korban investasi bodong baik yang berkedok perumahan KPR syariah maupun jenis investasi lainnya.

Dalam kegiatannya para pelaku menunjukkan lokasi dan membuatkan rumah contoh untuk meyakinkan para korbannya, dari penelusuran pihak kepolisian menemukan beberapa lokasi yang biasa para pelaku tawarkan kepada calon konsumen.

Berikut lima lokasi sindikat mafia perumahan syariah :
  1. Perumahan De' Alexandria Bojonggede, Bogor (wilayah hukum Depok)
  2. Perumahan The New Alexandria Bojonggede, Bogor
  3. Perumahan Cordova Green Living Cikarang, Bekasi
  4. Perumahan Hagia Sophia Town House Bandung, Jawa Barat (wilayah hukum Polrestabes Bandung)
  5. Perumahan Pesona Darusalam Lampung.


Dari perkiraan pihak kepolisian, masih akan banyak tersangka dan lokasi lain yang masih diproses dan diselidiki. Pun dengan laporan para korban yang totalnya dari perhitungan unit yang sudah terjual sebanyak 270 Unit, yang artinya sudah 270 orang konsumen yang membeli, baru 41 orang korban yang melapor.

Untuk itu kita semua perlu mengetahui bagaimana berinvestasi yang aman dan nyaman agar tidak ada lagi kasus-kasus seperti diatas. Perlu lebih teliti dalam menelusuri ruang-ruang bisnis untuk berinvestasi, langkah-langkah tepat yang perlu diambil, dan yang terpenting datangi langsung objek yang jadi incaran untuk berinvestasi, tanyakan dan selidiki riwayat dari pengembang, tanah dan daerah tempat lahan itu berada.

TIPS SEBELUM BERINVESTASI
Ada tips-tips yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi, jangan sampai anda kena "jebakan betmen". Salah satu tips terpenting ialah :

- Cek Legalitas Tanah Proyek
Biasanya pihak pengembang yang dapat dipercaya akan memberikan anda transparansi soal status tanah proyek, apakah dalam sengketa atau tidak. Untuk menelusuri riwayat tanah anda bisa mengecek langsung ke pihak-pihak terdekat diantaranya RT, RW atau Lurah setempat.

- Tanyakan Status Surat Tanah
Pengembang yang terpercaya, pasti akan memberi anda penjelasan tentang riwayat tanah. Transparansi seperti ini sangat berpengaruh akan kepercayaan konsumen. Apalagi ditambah dengan referensi yang dapat dipercaya, baik dari instansi pemerintah seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau dari para pejabat pemerintahan desa setempat seperti RT, RW, Lurah dan seterusnya.

Tidak semua para pengembang perumahan syariah seperti contoh diatas, banyak juga para pengembang perumahan syariah yang benar-benar melayani para konsumennya tanpa menipunya. Dari kasus diatas dapat kita ambil poinnya bahwa, kemudahan fasilitas kredit rumah tidaklah semudah itu untuk mempercayai sebuah pengembang/developer, bagaimanapun juga para pengembang mempunyai riwayat pelayanan kepada para konsumennya.

Nah, untuk itu cobalah tanyakan langsung kepada konsumen yang lebih dulu menginvestasikan dananya, barangkali dari situ anda akan mendapatkan sumber informasi yang cukup jelas mengenai pelayanan pengembangnya. ZG Property selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik, transparansi dan kompetibel untuk para konsumen ditanah air. Rumah dijual Citayam yang ditawarkan pastinya mempunyai legalitas yang tak diragukan lagi...Silahkan anda buktikan sendiri, segera telepon

Costumer Sevice ZG Property di nomer 
0811949997 (24 Jam)

0 komentar